RSS

Die Bundesliga

Bundesliga adalah format kompetisi liga utama sepak bola di Jerman yang digulirkan sejak 1963-64. Kecuali pada 1991-92 yang diikuti 20 klub sebagai akibat reunifikasi Jerman dan dua musim awal yang diikuti 16 klub, jumlah peserta setiap musimnya adalah 18 klub. Pada akhir musim, dua peringkat terbawah di Bundesliga 1 harus terdegradasi ke Bundesliga 2. Sementara itu, klub yang berada di posisi ke-16 harus menjalani play-off dengan klub peringkat ke-3 Bundesliga 2 dalam format home and away.

Sistem itu diberlakukan sejak 2008-09 namun sebelumnya juga sempat dipakai pada kurun 1981 hingga 1991. Pada musim-musim di luar itu, tiga tim terbawah di Bundesliga 1 secara otomatis langsung terdegradasi ke Bundesliga 2. Tempat mereka diambil alih tiga klub teratas di Bundesliga 2.

Dalam penentuan posisi di klasemen akhir, Deutcher Fussball Liga (DFL) memberlakukan ketentuan sebagai berikut.
– Selisih gol
– Produktivitas atau jumlah gol yang dicetak sepanjang musim
– Skor agregat dalam head to head
– Jumlah gol tandang yang dicetak dalam head to head
– Jumlah total gol tandang sepanjang musim.
– Bila semua kriteria tersebut masih sama, diadakan pertandingan play-off di tempat netral

Hingga musim 2016-17, tercatat ada 55 klub yang pernah dan atau sedang berpartisipasi di Bundesliga 1. Tim terbaru adalah RasenBallsport (RB) Leipzig yang menjalani debut pada musim ini.

Untuk bisa berlaga di dua kasta teratas, Bundesliga 1 dan Bundesliga 2, setiap klub harus memegang lisensi profesional. Setiap tahun, DFL meninjau lisensi semua klub dengan meminta dokumen menyangkut sisi sporting, legal, administrasi, infrastruktur, finansial, keamanan, dan media pada 15 Maret. Lalu, pada 30 Juni, setiap klub harus bisa menunjukkan kesanggupan menggelar pertandingan.

Jika gagal memenuhi persyaratan, lisensi akan dicabut dan klub tersebut diturunkan ke liga regional (amatir) yang berada di wilayahnya. Bila hal ini terjadi pada awal musim, klub itu dianggap berada di dasar klasemen sehingga tempatnya akan diambil alih oleh klub yang semula dinyatakan terdegradasi. Sementara itu, bila terjadi pada pertengahan musim, semua laga yang telah dilakoni akan dinyatakan sebagai kekalahan dan klub yang menjadi lawan diberi poin kemenangan.

Sejak digulirkan pada 1963-64, tak banyak klub yang berhasil menjuarai Bundesliga 1. Hingga musim 2015-16 atau dalam kurun 53 musim, hanya 12 klub yang pernah mengangkat trofi Die Meisterschale. Klub-klub itu adalah:
– Bayern München (25 kali)
– Borussia Mönchengladbach (5 kali)
– Borussia Dortmund (5 kali)
– SV Werder Bremen (4 kali)
– Hamburger SV (3 kali)
– VfB Stuttgart (3 kali)
– 1.FC Köln (2 kali)
– 1.FC Kaiserslautern (2 kali)
– TSV 1860 München (1 kali)
– Eintracht Braunschweig (1 kali)
– 1.FC Nürnberg (1 kali)
– VfL Wolfsburg (1 kali)

Di antara para juara itu, ada beberapa yang memiliki keistimewaan untuk memasang tanda bintang di atas logo yang terpasang di kostum. Sesuai peraturan yang diterapkan sejak 2004-05, ketentuannya adalah sebagai berikut.
– 1 bintang: juara 3 kali
– 2 bintang: juara 5 kali
– 3 bintang: juara 10 kali
– 4 bintang: juara 20 kali

 

1 responses to “Die Bundesliga

Tinggalkan komentar